Search

Gmail Blokir 18 Juta E-mail Berbahaya Terkait Covid-19 Setiap Hari - iNews

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - Pandemi Covid-19 dimanfaatkan hacker untuk meraup keuntungan sendiri. Google melaporkan telah mencegat 18 juta malware dan e-mail phishing terkait dengan Covid-19 setiap hari dalam seminggu terakhir.

Dalam sepekan terakhir, petugas keamanan dunia maya baik dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris telah memperingatkan hacker dan kriminal online mengambil keuntungan dari krisis Covid-19. Data terbaru Google rupanya memperkuat peringatan ini.

Dengan 1,5 miliar pengguna dan 5 juta bisnis berbayar, Gmail menjadi layanan e-mail yang paling banyak digunakan di dunia. Oleh karena itu, menjadikannya barometer yang baik untuk risiko bawaan terkait dengan peningkatan pekerja rumahan.

Google telah melihat sekilas ke dalam jenis-jenis pesan yang membantu sistem machine learningnya untuk memblokir. Ada jenis aktor jahat menyamar sebagai badan kesehatan resmi seperti WHO dan meminta penggunanya menyumbangkan donasi dalam Bitcoin.

Ada juga e-mail jahat yang mengaku berasal dari Admin Department kepegawaian. E-mail berusaha menipu orang agar mengklik link palsu. Sementara e-mail lainnya menyamar sebagai lembaga pemerintah, menawarkan usaha kecil informasi lebih lanjut mengenai pengajuan paket stimulus.

Tidak semua malware Covid-19 dan ancaman phishing hal baru. Menurut Google, banyak di antaranya adalah kampanye melaware yang baru diperbarui untuk mengeksploitasi perhatian yang meningkat pada Covid-19, sebagaimana dikutip dari Venture Beats, Jumat (17/4/2020).

Machine learning sangat penting bagi upaya Google mencegah malware, phishing, dan e-mail jahat lainnya menjangkau pengguna. Scammers sering mengubah dan mengadaptasi teknik mereka untuk menghindari filter dan memanfaatkan krisis seperti sekarang, sehingga teknologi perlu beradaptasi juga.

Pada awal tahun ini, Google merinci pemindaian dokumen baru yang memanfaatkan deep learning untuk meningkatkan kemampuan deteksi ancaman yang terkandung di dalam attachment.

 

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 17, 2020 at 12:11PM
https://ift.tt/3bcpvrg

Gmail Blokir 18 Juta E-mail Berbahaya Terkait Covid-19 Setiap Hari - iNews
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gmail Blokir 18 Juta E-mail Berbahaya Terkait Covid-19 Setiap Hari - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.