Search

Jaga Komunikasi via WhatsApp Selama di Rumah - Medcom ID

Jakarta: Serupa sejumlah negara terdampak COVID-19, pemerintah Indonesia juga memerintahkan masyarakat Indonesia untuk beraktivitas di rumah. Pada periode ini, masyarakat memanfaatkan berbagai layanan dan aplikasi agar tetap beraktivitas dengan baik.
 
WhatsApp menjadi salah satu layanan komunikasi yang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan keluarga dan rekan, bahkan sebelum pandemik korona ini. Kini, WhatsApp dilaporkan perusahaan riset Kantar semakin banyak digunakan pengguna.
 
Kantar melaporkan selama periode Work From Home, WhatsApp mengalami peningkatan sebesar 40 persen antara pengguna usia 18-34 tahun. Melihat hal ini, WhatsApp merilis panduan sederhana untuk dapat membantu pengguna sehingga dapat berkomunikasi dengan lancar selama periode ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk menandai pesan penting dalam percakapan di layanan WhatsApp, pengguna dapat memanfaatkan fitur Bintang atau Star. Untuk menampilkan opsi ini, pengguna perlu menekan pesan selama beberapa saat hingga muncul ikon bintang di bagian atas layar dan ketuk.
 
Dan untuk menemukan pesan yang telah ditandai dengan fitur Bintang ini, pengguna dapat mengetuk ikon tiga titik tersusun vertikal di sudut kanan atas layanan, dan pilih opsi Pesan Berbintang. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk pesan file media, yang tersimpan di opsi yang sama namun bagian berbeda.
 
WhatsApp juga menghadirkan pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi notifikasi. Untuk memanfaatkan hal ini, pengguna perlu membuka chat yang diinginkan, ketuk nama chat individual atau grup, ketuk opsi Notifikasi khusus dan centang Gunakan Notifikasi Khusus.
 
Pengguna juga dapat membisukan notifikasi chat individual atau grup dengan mengetuk nama chat dan ketuk Bisukan Notifikasi, kemudian pilih jangka waktu yang diinginkan untuk membisukan notifikasi, dan ketuk OK.
 
Sementara itu untuk menyematkan chat, pengguna dapat mengetuk dan menahan chat yang diinginkan, lalu ketuk Sematkan chat, untuk perangkat Android, sedangkan untuk pengguna iPhone, usap chat yang ingin disematkan ke arah kanan, lalu ketuk Sematkan.
 
Pengguna juga dapat memanfaatkan WhatsApp untuk saling berbagi file, baik berformat dokumen, foto, dan pesan suara. WhatsApp mengklaim pesan yang terkirim ini dilindungi oleh teknologi enkripsi end-to-end, bahkan juga mencakup pembaruan status dan panggilan suara atau video.
 
Menyoal panggilan video, WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghubungi dan berbincang dengan keluarga atau rekan hingga tiga kontak WhatsApp lainnya. Untuk memanfaatkan fitur ini, ketuk panggilan suara hingga panggilan diterima oleh satu kontak yang diinginkan.
 
Kemudian, ketuk ikon orang dengan tanda tambah di sudut kanan atas layar dan pilih kontak yang ingin diajak bergabung dalam perbincangan via panggilan video tersebut. Dengan fitur dan kemampuan ini, WhatsApp berharap dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi bagi pengguna sembari beraktivitas dari rumah untuk menghentikan penyebaran virus korona.
 

(MMI)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 16, 2020 at 04:11PM
https://ift.tt/3co2AcU

Jaga Komunikasi via WhatsApp Selama di Rumah - Medcom ID
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaga Komunikasi via WhatsApp Selama di Rumah - Medcom ID"

Post a Comment

Powered by Blogger.