Search

Awas, Virus Jahat Ini Bisa Install Ulang Otomatis di Android - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengguna ponsel Android harus hati-hati menginstal aplikasi yang bukan berasal dari Play Store. Sebab, ditemukan malware jahat bernama Xhelper yang sulit dihapus karena bisa menginstal ulang sendiri setelah dihapus.

Malware android Xhelper ditemukan perusahaan cybersecurity Symantec pada Maret 2019 lalu sudah sudah menginfeksi 45.000 perangkat saat ini, seperti dikutip dari Android Central, Kamis (31/10/2019).


Peneliti Symantec menyatakan aplikasi ini didistribusikan melalui situs web dan mendorong pengguna melakukan sideload (transfer file tanpa gunakan internet) ke perangkat mereka. Setelahnya aplikasi ini akan menginstal trojan xHelper ke perangkat korban. Setelah instalasi, aplikasi kemudian mengirim spam ke perangkat dengan notification (notifikasi) dan iklan pop-up.

Para peneliti Symantec dan Malwarebytes sepakat aktivitas aplikasi jahat ini tampaknya terbatas pada anjuran atau ajakan bagi pengguna perangkat untuk mengunduh aplikasi lain atau bermain game online. Kemungkinan dari sini pendapatan utama mereka karena setiap klik dan instal akan memberikan mereka komisi.

Selain beroperasi secara diam-diam, xHelper juga tidak bisa dihapus dari perangkat karena menggunakan enkripsi. Aplikasi jahat ini juga tidak memasang ikon atau shortcut di ponsel sehingga akan sulit ditemukan.

Disarankan untuk tidak mengunduh dan menginstall aplikasi yang berasal dari sumber tidak terpercaya atau di luar Play Store. Selain itu kamu harus waspada dengan laman yang mengarahkan ke situs web lain. Jangan klik jika telah berada dalam situs yang tidak dikenal itu.

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
October 31, 2019 at 10:56AM
https://ift.tt/36nu000

Awas, Virus Jahat Ini Bisa Install Ulang Otomatis di Android - CNBC Indonesia
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Awas, Virus Jahat Ini Bisa Install Ulang Otomatis di Android - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.